• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Contributor: CS6_BIMACOM.COMMacam macam Printer dan Fitur Printer
#1
Macam-macam jenis printer dan fitur printer :

1. Printer Dot Matrix
Printer tipe ini paling banyak digunakan, mencetak tulisan atau gambar dengan menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. Bentuk gambar atau karakter dihasilkan dari kombinasi jarum-jarum membentuk pola yang akan dicetak. Pola jarum diletakkan pada karbon dan akan membentuk pola yang dikehendaki di kertas dalam bentuk matrik 7 baris 5 kolom atau 9 baris 7 kolom atau 9 baris 9 kolom. 

[Image: jenis+printer+dot+matrix.jpg]

Kelebihan dari printer tipe ini adalah harganya yang murah dan dapat mencetak gambar. Hal ini dikarenakan karakter atau gambar yang dihasilkan dari pola yang dibentuk oleh titik-titik, maka dengan printer tipe ini dapat dicetak bermacam-macam bentuk yang dikehendaki, seperti grafik dan gambar. 
 
Kelemahan printer tipe dot matrix adalah kualitas karakter yang kurang baik, hal ini dikarenakan karakter gambar yang terbentuk dari titik-titik. Namun sekarang telah hadir beberapa printer dot matrix yang dapat mencetak dengan kualitas karakter yang cukup baik atau terkenal dengan sebutan NLQ (Near Letter Quality) bahkan letter quality.

 2. Printer Daisy Wheel

 Disebut Daisy Wheel, karena tipe printer ini menggunakan sebuah roda (wheel), yang berisi karakter-karakter. Tiap-tiap karakter pada roda, terletak pada sebuah lengan plastik yang diletakan pada pusat roda, sehingga berbentuk seperti bunga seruni (daisy). Roda yang berisi karakter-karakter akan berputar dan akan berhenti pada roda posisi karakter yag dikehendaki, selanjutnya karakter ini akan diketuk dengan suatu pemukul dan akan dicetak di kertas.

[Image: jenis+printer+daisy+wheel.jpg]


Hasil dari karakter yang tercetak di kertas mempunyai kualitas yang baik, sehingga printer jenis ini digolongkan juga sebagai letter quality printer, tetapi mempunyai kelemahan, yaitu lebih lambat dibandingkan dengan printer tipe dot matrix. Kecepatan mencetak daisy wheel printer sekitar 55 cps (karakter per detik).

3. Printer InkJet

Jenis printer tipe inkjet ini yang paling sering kita temui dipasaran, pola kerja printer tipe ini membentuk karakter atau grafik dengan kepala cetak yang mempunyai pipa penyedot kecil (nozzle) yang menyemprotkan tinta ke kertas. Untuk memperoleh hasil yang tepat dan benar, tinta yang disemprotkan akan diarahkan ke bidang sasaran oleh satu atau lebih eletronic deflector yang mengatur posisi horizontal dan vertikal dari tinta yang disemprotkan. Pengaliran tinta dilakukan secara kontinu dan bila tidak dibutuhkan untuk suatu bentuk tertentu, maka akan dikembalikan ke kepala cetak. 

[Image: Jenis+Inkjet+Printer.jpg]

Printer Ink Jet dapat memberikan kualitas pencetakan yang baik, karena karakter dibentuk dari puluhan titik-titik tinta yang kecil. Beberapa printer ink jet mempunyai kemampuan untuk mencetak gambar dengan beberapa warna menggunakan beberapa nozzle yang terpisah.
 4. Laser Printer
Printer tipe ini merupakan gabungan antara teknologi xerographic yang ditemukan pada fotokopi dengan teknologi laser. Dengan sistem ini, output digital komputer akan diubah menjadi pulsa sinar laser dan ditembakkan ke suatu drum yang peka terhadap sinar laser. Bayangan yang ditangkap dalam drum akan dikirim ke kertas dengan proses seperti mesin fotokopi. Printer Laser membentuk karakter dalam bentuk titik-titik yang sangat kecil dan rapat, sehingga menghasilkan kualitas karakter yang baik.
 5. Printer Chain
Printer jenis ini menggunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakannya. Rantai tersebut akan berputar secara horisontal dan setelah tepat pada posisi percetakan, palu pemukul akan mengetuk pola karakter di rantai melalui karbon, bentuk dari karakter akan tercetak di kertas. Printer tipe ini, mempunyai kecepatan kecepatan mencetak yang sangat tinggi, yaitu sampai 1000 baris per menit.
 6. Printer Drum

 Printer jenis ini, bekerja dengan mengumpulkan karakter, yang akan diletakkan pada permukaan luar suatu drum metal. Tiap-tiap posisi kolom percetakan terdapat satu lingkaran kumpulan karakter pada drum. Proses pencetakan karakter dilakukan dengan cara memutar drum sampai pada bentuk karakter yang diinginkan, dan suatu palu pemukul akan mengetuk palu pencetak karakter tersebut.[/align][/align][/align]
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)
CHAT DENGAN KAMI